TUGAS KEANEKARAGAMAN HAYATI
I. Mengamati Keanekaragaman Tingkat Gen
Tujuan | : | Mengetahui adanya variasi morfologi pada buah mangga. |
Alat dan bahan | : | Berbagai macam buah mangga yang terdapat di sekitarmu. |
Cara kerja | : |
|
1. | Amatilah ciri-ciri masing-masing buah mangga. Ciri-ciri yang harus diamati, misalnya warna kulit, bentuk buah, ukuran buah, warna daging buah dan ukuran biji. |
2. | Tuliskan hasil pengamatan Anda ke dalam tabel berikut ! |
TABEL HASIL PENGAMATAN
No. | Ciri-ciri | Mangga | ||
Harum manis | Simanalagi | Indramayu | ||
|
|
|
|
|
Cocokkan jawaban Anda dengan meng-klik kunci jawaban!
Pertanyaan
1. Apa penyebab timbulnya keanekaragaman pada mangga?
2. Jelaskan pengertian dari gen!
3. Apa kesimpulan hasil kegiatan tersebut?
II. Mengamati Keanekaragaman Tingkat Jenis (spesies)
Alat dan Bahan:
1. | Penggaris |
2. | Timbangan |
3. | Lima (5) jenis biji kacang hijau, kacang kedelai, kacang tanah, kacang kapri, dan kacang panjang. |
4. | Buku catatan praktikum |
Langkah Kerja:
1. | Buatlah tabel pada buku catatan praktikum, seperti contoh di bawah. |
2. | Amati secara seksama bentuk biji kacang satu persatu. |
3. | Amati warna setiap biji kacang. |
4. | Ukurlah dengan penggaris panjang setiap biji kacang, satu persatu. |
5. | Timbanglah berat setiap biji kacang, dengan menggunakan alat timbangan |
6. | Isikan data hasil pengamatan ke dalam tabel. |
No. | Jenis Biji | Bentuk | Warna | Panjang | Berat |
1. | Kacang Hijau | ....... | ....... | ....... | ....... |
Pertanyaan:
1. | Berdasarkan hasil pengamatan, adakah keanekaragaman sifat pada biji-biji kacang tersebut? |
2. | Menurut Anda, apakah yang menyebabkan adanya keanekaragaman jenis? |
3. | Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman tingkat jenis? |
Cocokkan jawaban Anda dengan meng-klik kunci jawaban!
III. Mengamati Keanekaragaman Tingkat Ekosistem
Alat dan Bahan:
1. | 3 macam gambar ekosistem |
2. | Buku catatan praktikum |
Langkah Kerja:
1. | Pelajari gambar-gambar ekosistem dengan seksama |
2. | Jawablah pertanyaan-pertanyaan di buku catatan praktikum Anda |
Gambar 1 Gambar 2 Gambar 3
Pertanyaan:
1. | Apa nama ekosistem pada gambar 1, gambar 2, dan gambar 3? |
2. | Tuliskan macam flora atau tumbuhan yang terdapat pada ekosistem gambar 1, 2, 3? |
3. | Tuliskan macam fauna atau hewan yang terdapat pada ekosistem gambar 1, 2, 3? |
4. | Dari ketiga macam ekosistem, manakah yang memiliki jumlah dan keanekaragaman makhluk hidup yang paling banyak? |
5. | Apakah yang dimaksud dengan keanekaragaman ekosistem? |
Pilihlah satu jawaban yang Anda anggap paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf di depan jawaban tersebut.
1. | Perbedaan yang ditemukan di antara sesama ayam dalam satu kandang | |
| A. | evolusi |
| B. | adaptasi |
| C. | variasi |
| D. | keberagaman |
| E. | adaptasi dan variasi |
2. | Di antara individu sejenis tidak pernah ditemukan yang sama persis untuk semua sifat. Hal ini terjadi karena adanya perbedaan………… | |
| A. | lingkungan |
| B. | induknya |
| C. | jenisnya |
| D. | lingkungan dan gen |
| E. | gen dan plasma nutfah |
3. | Keanekaragaman ekosistem ditunjukkan oleh adanya perbedaan komponen berikut ini, kecuali ………….. | |
| A. | sumber energi primer |
| B. | jenis produsennya |
| C. | produktifitasnya |
| D. | jenis konsumennya |
| E. | komponen biotiknya |
4. | Dua makhluk hidup menempati daerah yang sama dapat disebut spesies | |
| A. | habitat dan warna rambutnya sama |
| B. | warna dan bentuk rambutnya sama |
| C. | jenis makanan dan cara makannya sama |
| D. | cara reproduksi dan jumlah anaknya sama |
| E. | dalam perkawinan menghasilkan turunan fertil |
5. | Anjing pudel dapat dikawinkan dengan anjing boner. Anjing-anjing tersebut dapat melahirkan anak-anak yang fertil karena anjing-anjing tersebut …… | |
| A. | satu genus |
| B. | satu familia |
| C. | satu species |
| D. | satu ordo |
| E. | satu kingdom |
6. | Hutan bakau di Kalimantan, hutan hujan tropis di Jawa Barat, dan savanna di Papua, merupakan contoh keanekaragaman hayati tingkat ……. | |
| A. | genetik |
| B. | species |
| C. | ekosistem |
| D. | populasi |
| E. | individu |
7. | Keanekaragaman warna bulu, misalnya pada burung parkit, merupakan hasil segregasi gen secara bebas. Contoh keanekaragaman bulu pada burung parkit tersebut merupakan adanya keanekaragaman tingkat …… | |
| A. | gen |
| B. | genus |
| C. | ekosistem |
| D. | species |
| E. | individu |
8. | Makhluk hidup penghuni bumi ini begitu beraneka ragam. Sumber keane-karagaman makhluk hidup tersebut adalah ………….. | |
| A. | sperma |
| B. | ovum |
| C. | gen |
| D. | kromosom |
| E. | zigot |
9. | Berikut ini yang bukan faktor-faktor penyebab terjadinya keaneragaman hayati adalah ………… | |
| A. | variasi genetik |
| B. | keaneragaman jenis |
| C. | keanekaragaman genetik |
| D. | keanekaragaman daur energi |
| E. | keanekaragaman ekosistem |
10. | Variasi gen dalam tingkat jenis dapat menyebabkan terbentuknya ……… | |
| A. | individu |
| B. | varietas |
| C. | species |
| D. | populasi |
| E. | ekosistem |
Sumber : http://www.pintugerbang.net/id/mod/book/view.php?id=55&chapterid=11
Kr/doc/bio/sma/kelasx/keanekaragaman hayati/tugas/2011.